Kenangan yang Terbakar

Catatan Perjalanan Karier drh Liang Kaspe

Ukuran : 14 x 20 cm
Jumlah hal : x + 154 hal
Penulis : Iryani Syahrir
Penyunting : Indria Pramuhapsari
Desain Sampul : Yoes Wibowo
Penata Letak : Windy Effendy
Cetakan pertama, April 2024

Liang Kaspe memungkasi pengabdiannya di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sebagai direktur operasional dan umum pada Juni 2014. Publik luas mengenal perempuan bertubuh mungil itu sebagai bidan satwa KBS. Bukan tanpa alasan julukan itu melekat padanya. Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga itu memang piawai membantu kelahiran satwa KBS. Termasuk jerapah, singa, kuda nil, dan unta.

Melalui buku ini, Iryani Syahrir membagikan kisah bersejarah Liang Kaspe saat kali pertama mengenal dunia satwa liar. Di KBS lah, dia mempelajari seluk-beluk kehidupan satwa yang teorinya tak pernah didapatkannya di bangku kuliah.

Selama 33 tahun menjadi dokter hewan di KBS, Liang Kaspe mengembangkan cara unik untuk berkomunikasi dengan satwa. Sentuhan, tatapan, elusan, dan dekapan, membantunya memahami kegundahan, ketakutan, keresahan, dan rasa sakit satwa-satwa KBS. Bahkan, tanpa harus berkata-kata.  

Liang Kaspe adalah sosok yang hangat dan bersahabat bagi satwa KBS, hewan peliharaannya, dan pasien-pasien di tempat praktiknya. Di mata sang papi, dia adalah anak perempuan yang welas asih. Namun, di mata maminya, dia tak ubahnya sulung yang keras kepala.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *